Dalam Sebuah Taksi

Banyak hal yang tidak dimengerti seorang perempuan
Playboy
Perang
Hawa nafsu
Hujan terus-menerus lalu banjir
Air yang tiba-tiba kering
KKN

Namun
Banyak hal pula yang mulai dimengerti seorang perempuan
Kemandirian
Kepintaran
Kecemerlangan
Kerasnya hidup

Perempuan dan perempuan
selalu mencoba mengerti dan memahami
tapi ketika terjerat dengan konsep cinta
semua yang mulai dikenal bisa jadi masa lalu
kembali pada kemurnian dan kepolosan anak kecil
tak sadari banyak bahaya ancam dirinya
opresi
perbudakan
penghinaan
pengkhianatan

Salahkah aku
jika sekarang kupilih sosok
idealis
independen
intelek
kesampingkan stereotype perempuan yang diberikan masyarakat
kuasai hati dengan pikiran
agar bisa kutatap dunia ini
dengan tegak dan gagah
tak tergoyahkan apapun?

Banyak orang paksakan persepsi benar dan salah
tanpa sadari tiap orang unik dan berbeda
Ada pula yang merasa iba
karena dipikirnya aku menyiksa diriku
dan ada yang menjadikanku bahan gosip
sambil ditemani secangkir kopi Starbucks dan segepok uang arisan

Tapi aku tahu satu hal
Mereka semua sok tahu!

Hidupku aku yang jalani
Manis pahit
Sedih gembira
Tangis tawa
kualami sendiri
Aku tahu diriku sendiri
dan apa yang kuinginkan

Jangan paksa aku dengan doktrin apapun
Aku adalah aku

Leave a Reply

