Kuis Liburan

Selama satu bulan puasa ini, teman-teman saya di twitter setiap hari mengadakan kuis kecil-kecilan. Kalau biasanya saya yang ikut kuis, sekarang saya mau bikin kuis. Meski cuma iseng, supaya menarik, kuis ini ada hadiahnya. Gratis. Tidak pakai uang pendaftaran, tidak pakai tetek bengek. Cukup jawab 10 pertanyaan ini saja. 🙂

Untuk menjaga kerahasiaan jawaban, jawabannya dikirim saja ke e-mail saya di candrakirana@windowslive.com. Yang paling cepat menjawab dan tentu saja benar jawabannya akan dipilih sebagai pemenang. Tapi rasanya tidak adil kalau waktunya tidak terbatas karena tidak bisa membedakan antara orang yang tahu dengan orang yang baru googling. Maka ada batas waktunya, yaitu 2 jam dari sekarang (pk. 20.30 WIB). E-mail yang masuk lewat dari pk 20.30, dianggap tidak sah.

Pertanyaan:

1. Pada tahun berapakah Balai Pustaka pertama kali menerbitkan kumpulan sajak Perahu Kertas?

– 1983

2. (lihat pertanyaan di atas) Siapa penulis kumpulan sajak tersebut?

– Sapardi Djoko Damono

3. Apa judul lagu lansiran The Beatles yang di-ban oleh BBC karena dianggap mempromosikan dan bahkan ‘mengkodekan’ obat terlarang LSD?

– Lucy in the Sky with Diamonds dari album Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Band. John Lennon menyangkal tuduhan LSD itu dan menyatakan bahwa lagu itu terinspirasi dari gambar anaknya (Julian Lennon)

4. Dalam kisah Mahabharata, apa nama samaran yang digunakan oleh istri-bersama Pandawa ketika sedang menjalani masa pengasingan?

– Sairandri, nama aslinya Drupadi. Drupadi disunting oleh Arjuna setelah memenangkan sebuah kontes memanah di Kerajaan Panchala. Namun karena Pandawa telah bersumpah untuk membagi segala sesuatu yang mereka miliki, mereka berlima menikahi Drupadi. Namun dalam versi Jawa yang mendapat pengaruh Islam, seorang istri memiliki 5 suami dianggap ‘menyalahi moral’. Oleh karena itu dalam versi wayang Jawa, diceritakan bahwa Drupadi adalah istri dari Yudhistira saja (bukan kelima Pandawa).

5. Di manakah lokasi masjid yang pada masa Perang Dunia II dijadikan gudang obat(ralat: gudang obat, bukan gudang senjata, thanks mbah ngasmuni), namun dibuka lagi atas permintaan Presiden Soekarno pada tahun 1956?

– St. Petersburg di Rusia, sering juga disebut Masjid Biru (Blue Mosque). Masjid itu dijadikan warehouse oleh rezim komunis. Presiden Soekarno melihat masjid yang ditutup itu saat sedang berkunjung ke Rusia dan meminta Rusia untuk membukanya kembali. 10 hari setelah kunjungan Presiden Soekarno, masjid itu dibuka lagi.

6. Di manakah seorang demonstran, yang terkenal dengan ucapannya “berbahagialah yang mati muda, menghembuskan nafas terakhir?

– Puncak Gunung Semeru (Mahameru), ia meninggal karena gas beracun di gunung tersebut. Soe Hok Gie adalah seorang pecinta alam, dia ikut mendirikan Mapala UI.

7. Dalam perang Bharatayudha, siapakah saudara (satu ibu) Pandawa yang berdiri di pihak Kurawa dan bersumpah untuk membunuh Arjuna?

– Karna (anak dari Batara Surya). Resi Durwasa menghadiahkan mantra pada Dewi Kunti. Mantra suci ini akan membantu apabila Dewi Kunti ingin memanggil Dewa dan punya anak yang keagungannya sama dengan dewa itu. Dewi Kunti ingin tahu dan ia ‘iseng’ mencoba kekuatan mantra itu sambil memanggil Batara Surya dan Dewi Kunti mengandung anak Batara Surya. Karena kesaktian Batara Surya, Dewi Kunti langsung melahirkan anak itu. Anak itu dinamakan ‘Karna’ oleh Surya karena dilahirkan melalui telinga. Walau punya anak dari Dewa, Dewi Kunti malu karena belum menikah. Oleh karena itu, Dewi Kunti menaruh anak itu di kotak tertutup dan dihanyutkannyalah di sungai dan akhirnya Karna dipungut oleh seorang sais kereta kuda. Dalam perjalanan hidupnya, ia dibantu dan dinaungi oleh Kurawa maka ketika berlangsung perang Bharatayudha, Karna memilih untuk berdiri di pihak Kurawa.

8. Siapakah nama utusan Mongol yang telinganya dipotong atas perintah Raja Kertanegara?

– Meng Khi. Utusan itu dipotong telinganya sebagai tanda penolakan Kertanegara untuk tunduk di bawah kekuasaan Mongol.

9. Pada tahun 2004, Celine Dion pernah menyanyikan ulang lagu milik salah seorang anggota The Beatles sebagai salah satu single-nya. Apakah judul lagu tersebut?

– Beautiful Boy (Darling Boy), ditulis oleh John Lennon untuk anaknya Sean Lennon.

10. The Pulp, salah satu band alternative rock dari Inggris pernah menulis lagu yang mengisahkan impian “persahabatan” dengan seorang gadis bernama Deborah dan harapan untuk saling bertemu di tahun 2000. Apa judul lagu itu dan dari album manakah?

Disco 2000, dari album Different Class.

PEMENANGNYA:

Mbah Ngasmuni!

Congratulation! Akan kuhubungi segera lewat e-mail untuk mendiskusikan hadiahnya. 🙂

Terima kasih atas partisipasinya.

Advertisements

2 thoughts on “Kuis Liburan

  1. Danny Yatim says:

    pertanyaan no 8 bukannya Fa Hien ya?
    weleeh selama ini pengetahuan sejarahku salah dong 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: