“You Deserve to Be Loved”

Selama ini, semenjak kita masih kecil, masyarakat mengajarkan bahwa…

Sebagai perempuan, mungkin kita untuk diharuskan untuk belajar menata rumah, berbicara yang halus, berkarier di bidang yang tidak menghabiskan banyak waktu di luar rumah, tidak boleh pulang malam, jangan terlalu sering bergaul dengan laki-laki (supaya tidak disangka murahan), jangan terlalu sering mengkritik, jangan tertawa lebar-lebar, jangan potong rambut terlalu pendek, jangan terlalu sering berjemur supaya kulit tidak hitam, berdandan dan diet supaya laku, bisa menikah, punya anak, dan sebagainya.

Laki-laki mungkin diprogram untuk tidak boleh menangis, bekerja di perusahaan ternama, punya banyak uang, mencari istri, punya anak, dan sebagainya.

Selama ini masyarakat kita mengajarkan segala sesuatu supaya kita bisa diterima menjadi bagian dari mereka. Kebebasan ekspresi dibatasi sepatutnya, sepantasnya, sewajarnya, sesuai aturan. “Be anything but what you are.” Seolah-olah cinta itu bersyarat, dan kita harus berusaha keras agar dapat dicintai. Padahal kita diciptakan Tuhan karena cinta, dan mengapakah kita menghargakan cinta?

Kalau begitu, apakah naif jika saya menyimpulkan dan ingin percaya bahwa setiap orang pantas dicintai dengan segala kekurangan dan kelebihannya, dengan segala laku dan rasanya?

Ketika kita jatuh cinta, terkadang kita takut kehilangan diri. Namun apakah kehilangan diri itu?

Jangan-jangan kita takut kehilangan kontrol diri kita sehingga ketika kita dihadapkan pada serangkaian ‘fit and proper test’, kita dinyatakan melanggar ‘syarat-syarat untuk dicintai’.

Apakah kita tidak rindu melepaskan diri dari serangkaian aturan tersebut, bebas merengkuh diri dan nyata bahwa kita pantas dicintai, berhak untuk menjalani hidup kita, dan bukan hidup orang lain yang dipaksakan untuk kita?

I think, that’s the beauty of love: letting you out of control, to live life. Therefore, put a stop to this society madness, see love, feel love, embrace it, caress it, because you deserve to be loved.

image, courtesy of soulpancake.com

Advertisements
Tagged , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: